Sabtu, 06 Desember 2008

Learning Techno

JENIATI: Juangkan Edukasi dengan NIAt mengerTi teknologI



Ehem...ehem...!!! Cling...Cling...(apaan seeh??!!)
Ini dia pahlawan kebajikan...Ho8x...Yaitu Melysa (Jember) ‘n Fonny....(^_^)
Kenapa bisa disebut sbg pahlawan??? Karena Melysa ‘n Fonny (ato lbh tepatnya: kita berdua) uda melakukan tindak kebajikan (& kebijakan jg), yaitu membantu mencerdaskan bangsa melalui tidakan sederhana. Tindakannya adalah mengajarkan penggunaan tekno ke orang awam.

The Story.....
Suatu hari negeri Indonesia, ada sebuah unversitas yang ‘yahud’ karena memiliki jurusan yg T-O-P bgt yaitu jurusan IKOM (narsis bgt y). Nah...di jurusan tersebut ada dosen2 yg funky ‘n gaul abizz, plus punya byk ide kreatif unt ngembangin mahasiswanya. Sebut aja salah satunya: MISS VID...doi adalah dosen pertekom yg ngasi byk ilmu sekaligus tugas...he3x...Salah satu misi mulianya dituangkan melalui tugas yg diberinya. Yap, dapat ditebak!!! Kita berdua adalah anggota ‘agent’ sosial tersebut (ky James Bond aja...). Kita ditugaskan unt ngajarin tekno ke org awam yg buta tekno, jd intinya ngajarin org tsb biar ga jd kaum gaptek. Begitu misi dijelaskan, kita berdua langsung menentukan target...yaitu: MBAK JENIATI...sedikit ttg profilnya...dia adalah penyayang binatang (eehhhh...salah2), yg benar adalah penyayang bayi...jd mbak jeniati menyalurkan kesukaannya dgn menjadi baby sitter...

Pada hr Selasa, 2 Des’08 dan Senin, 8 Des’08....Di hari yang cerah pada jiwa yg sepi (lho2...kog jd lagu’e peterpan to???) itu, kita berdua menghabiskan beberapa waktu dgn mbak Jeniati...Kita ngopi brg sambil belajar teknologi melalui laptop...Mbak Jeniati ga tau laptop, dia taunya komputer...sedikit perdebatan ttg laptop antara mbak Jeniati (MJ) dan kita berdua(KB):
KB: mbak, ayo kita belajar pake teknologi...ini pake laptop...
MJ: apa itu?? (sambil garuk2 kepala)
KB: laptop ini seperti komputer, mbak...
MJ: jangan bohong, nik...saya tau bentuknya komputer yg asli bgmn, jd bkn seperti gini...
KB: grrr....Ok2, sebut aja ini komputer lipat, jd bedanya kl komputer g bs dilipat...lha laptop bisa dilipat...pkknya keduanya sama2 komputer kog...
MJ: (ngangguk2 aja, sambil mesam-mesem)

Akirnya, kita berdua ngajarin cara ngetik dulu, trus ngejelasin ttg apa itu email + cara buatnya, ‘n ngajelasin ttg blog + ngajarin bikin akun google biar bisa kasi pesan (komentar) ke blog kita...Selama ngajarin, ga terlalu kesulitan karena mbak Jeniati ini gampang diatur ‘n g cerewet, apalagi dia uda pernah belajar ngetik pake komputer sebelumnya. Kendalanya Cuma satu, yaitu ketika ngajarin harus pake bahasa Indonesia yg baik dan benar karena mbak Jeniati dr NTT yg notabene pake bahasa yg bnr2 baku...Pokoknya: Hidup Teknologi!!!

3 komentar:

jenijeniati mengatakan...

Nama saya Jeniati. Saya lahir di Nusa Tenggara Timur pada 2 Januari 1985. Sekarang saya bekerja di rumah kakaknya Melysa di Puri Asri Laguna sebagai baby sitter. Pada hari Selasa 2 Desember 2008 dan Senin 8 Desember 2008 tadi saya diajari memakai komputer lipat (laptop) oleh Melysa dan Fonny, temannya selama kira-kira 2 jam tiap hari. Pada hari selasa mereka mengajari saya untuk membuat email yang katanya bisa untuk kirim surat sambil mendampingi saya mengetik. Sebenarnya, waktu SMA kelas 2 dulu saya pernah mendapatkan pelajaran mengetik dengan komputer di sekolah. Tapi saya sedikit lupa. Lalu, mereka juga mengajari saya untuk mengirim pesan, gambar, dan tulisan yang sudah ditulis dengan menggunakan email. Tapi teman-teman saya tidak mempunyai email semua, jadi saya mengirim pesan ke alamat email melysa. Kemudian pada hari Kamis 11 Desember 2008 saya diminta untuk menceritakan pada blog mereka tentang pelajaran email yang lalu dan memberi pesan (komentar) tentang email dan blognya di kolom komentar. Menurut saya, lebih enak menggunakan HP untuk mengirim pesan daripada menggunakan email. Teman-teman saya juga tidak ada yang mempunyai alamat email. Kalau blog, kata Melysa dan Fonny bisa digunakan sebagai buku harian dan tempat diskusi. Tapi menurut saya, lebih cepat dan murah meggunakan buku tulis biasa untuk menulis buku harian. Selain itu, biaya membeli komputer dan memasang internet juga sangat mahal, lebih hemat kalau membeli buku untuk menulis buku harian atau membeli HP dan pulsa untuk mengirim pesan. Selain itu, sepertinya kalau mengirim pesan menggunakan email, belum tentu cepat dibalas karena komputer dan internetnya tidak bisa dibawa kemana-mana seperti HP.

Danie Cung Cung mengatakan...

*ngakak*

baca percakapanmu tentang komputer vs laptop itu.. huahahahahaha.. mbanyol powl..


emang duo Fonny ama Jember iki kocak.. wes bikin grup lawak ae.. haha..

selamat udah bawa 1 jiwa ke dunia pertekom..

the couple who love xmas.... mengatakan...

lucuu juga kok isi blog mu fon n mber.. Jadi ga perlu selalu merendah lah... hehehehehehe... PD gt looo...