Kamis, 11 Desember 2008

Me and Techno

BLOG


BLOG! Ini dia salah satu ICT yang sering kami gunakan (shtt...benernya kita baru kenal blog jg msh baru yaitu setelah ikut kelas pertekom tepatnya!!). Hmm...langsung aja kita kenalan scr singkat ‘Apa sih blog itu?’ Gampangnya, blog pada umumnya diartikan sama dengan website atau situs. Nah, walaupun blog dianggap seperti website atau situs, namun ia memiliki perbedaan seperti: blog lebih bersifat pribadi sdgkn website/situs lebih bersifat umum. Makanya....blog dapat digunakan sbg sarana untuk menampilkan pribadi kalian, mis: kemampuan kalian (kayak kemampuan menulis, ngegambar, dll), cerita tentang hidup pribadi (keluarga, sifat pribadi, pengalaman penting, dll), bahkan bisa dimaksimalkan untuk kerja tugas (secara, dunia pendidikan skrg kan uda mulai hi-tech gt lo!!). Siapa pun bisa memiliki blog karena pembuatannya tuh mudah dan yang lebih penting lagi adalah gratis...tis...tis..tis...! Selain itu, tersedia banyak template dan menu-menu pendukung (gadget-gadget) yang berlimpah.
For ur information aja, media blog ini punya banyak manfaat bagi penulis, atau siapa saja yang sedang belajar menulis (online journalism). Blog bisa menjadi sarana publikasi tulisan yang termudah sekaligus strategis. Media massa umum seperti koran, tabloid, majalah, jurnal, sering kali terbatas ruangnya dan tidak semua tulisan yang dikirimkan dimuat. Oleh karena itu, blog bisa jadi solusi bagi tulisan-tulisan yang tidak tertampung itu. Nguntungin bgt kan!
Tulisan di blog juga mudah sekali dikomentari dan feedback ini bermanfaat jadi masukan mengenai tulisan yang diposting. Asal menu komentar g ditutup, maka siapa pun yang membaca tulisan kita bisa berkomentar apa saja di sana. Bagaimanapun, setelah punya blog biasanya kita akan terdorong untuk terus mengisinya dengan berbagai bentuk tulisan. Terlebih bila tulisan-tulisan kita mendapatkan sambutan atau aneka komentar dari para pengunjung (kaya di TP aja...). Ini akan memotivasi kita untuk lebih rajin mem-posting tulisan.
Blog juga bisa dijadikan sebagai media yang digunakan PR untuk mempromosikan perusahaannya secara cepat dan murah, jd bisa buat publikasi gratis juga lo. Kelemahan media blog menurut pendapat kami adalah: blog seringkali tidak dapat dipercaya karena semua dapat menulis (tidak ada yang mengontrol), tidak ada pertanggung jawaban penulis, dan kebanyakan hanya berupa tempat curahan emosi. Tapi jangan terlalu takut sampe paranoid...coba aja mulai nge-blog karena pasti lebih banyak untungnya daripada ruginya. Let’s try it!!!

Kaitan dengan mata kuliah Pertekom
Jika dikaitkan dengan teori dalam kuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi, blog termasuk dalam ICT (Information and Communiction) jenis CMC (Computer Mediated Communication). CMC is communication that takes places between human beings via the instrumentality of computers (Susan Herring, 1996). Pixy Ferris secara general medefinisikan komunikasi bermedia internet sebagai “interaksi secara interpersonal yang dihubungkan oleh komputer, yang meliputi komunikasi asynchronous dan synchronous melalui fasilitas dalam internet”. Jhon December mendifinisikan CMC (Communication Mediated Communication) sebagai “telekomunikasi dengan menggunakan komputer dalam bentuk massa”. Sedangkan terminologis aplikatifnya, komunikasi bermedia internet adalah “penggunaan komputer beserta fasilitas dan kemampuannya untuk didayagunakan sebagai alat penyampai pesan baik bersifat massa ataupun pribadi”.
Sedangkan Blog adalah suatu situs web yang terdiri dari blog posts, di mana pada umumnya teratur rapi ke dalam beberapa kategori topik dan tersusun secara terbalik berdasarkan urutan kronologisnya. Kebanyakan blog mengizinkan pembacanya untuk memberikan komentar atas blog posts perorangan (Wright, 2006). Blog juga dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang berurutan secara kronologis yang disimpan oleh suatu kelompok atau individu, entah untuk kepentingan sendiri atau bisnis. Disebut juga sebagai weblog, gabungan dari kata log dan web. Setiap tulisan yang di-upload juga berisi format waktu dan tanggal kapan suatu tulisan di upload, dengan urutan dari atas ke bawah, yg paling baru di atas. Dan juga memberikan kesempatan bagi pengunjung blog untuk memberikan komentar sebagai feedback. (Onggo, 2006).
Blog masuk dalam online communities. Contoh online communities yang lainnya yaitu friendster, facebook, micro blogging (seperti Twitter dan Plurk), milis, forum, dll.
Dalam teori Impacts on Inequality, blog dapat meningkatkan jumlah informasi yang dikomunikasikan kepada semua individu dalam khalayak, serta berpotensi untuk menimbulkan kelebihan beban informasi, khususnya bagi orang yang kaya informasi, yang mungkin tidak mampu mengatasi jumlah besar informasi yang mereka terima.

PS: Thaks bgt bwt dosen PTK tercinta (Ms. Joanne&Ms. Vidya) karena uda bagi ilmu ttg perkembangan tekno yg tokcer abizzzz...(kog jd kaya lebah neeh??)

Sumber:
http://blog.kenz.or.id/2005/05/08/manfaat-psikologis-aktivitas-ngeblog.html
http://enda.goblogmedia.com/bacaan/tanggapan-terhadap-komentar-roy-suryo-tentang-blog.html
http://fritzinfo.wordpress.com/2008/05/22/perkembangan-blogger-di-indonesia/

Sumber foto:
http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://bp1.blogger.com/_A5a84Gj-XAQ/SAhO25DgRGI/AAAAAAAAAA4/sH2866XEEnQ/s320/blogger-logo.jpg&imgrefurl=http://pjjpgsdunnes.blogspot.com/2008/05/buat-blog.html&usg=__bVqGjaAV7h82_lshijRP1vnEC_0=&h=320&w=320&sz=10&hl=id&start=4&tbnid=513JP6gVgHIHBM:&tbnh=118&tbnw=118&prev=/images%3Fq%3Dblog%26gbv%3D2%26hl%3Did
http://diazhandsome.files.wordpress.com/2008/04/blog-im.jpg

Posted by: Maria Yohanna Melysa (51407001) & Fonny Lestiana Wibowo (51407042)

1 komentar:

Stop_Gaptek mengatakan...

Betul nih. udah saatnya kita melek teknologi. Smua pada digital.

So, stopgaptek sekarang!
God bless Inodnesia!

Good job!!!